Flowmasonic

Electromagnetic Alia Flow Meter
Electromagnetic Alia Flow Meter

Komponen flowmeter magnetic

3 minutes, 12 seconds Read

Flow sensor magnetic

Ada dua komponen flowmeter magnetic yang utama yaitu magnetic flow sensor dan magnetic flow transmitter atau converter magnetic. Untuk flow sensor magnetic terdapat beberapa komponan sesuai dengan jenis dan model flow meternya dan biasanya ini yang menjadi acuan size flow meter dengan koneksi disesuaikan kondisi lapangan apakah menggunakan flange, ulir atau lainya.

Komponen flow sensor magnetic

Komponen flow sensor magnetic ini terdiri dari :

  • Flow tube
  • Linner
  • Electrode sensor
  • Flange
  • Hausing flow tube

Pemilihan jenis material dari magnetic flow sensor harus di sesuiakan dengan spesifikasi cairan dan koneksi installasi. Untuk komponen flow sensor magnetic tube ini biasanya bahan materialnya  di sesuaikan dengan spesifikasi cairan dan material pipa, temperature maksimal, max pressure, IP class apakah butuh water proof atau ex proof, termasuk jika dibutuhkan material yang punya kelas food grade dan tahan asam.

Misalnya jika cairan yang di ukur sangat abrasive karena mengandung logam dan pasir, mungkin material electrode magnetic flowmeter dari bahan sus316L tidak cocok, karena akan cepat rusak terkena abrasi. Begitu juga untuk cairan kimia seperti mengandung sulfat sangat pekat dengan konsentrasi diatas 70% mungkin sebaiknya menggunakan material tantalum yang sangat terkenal tahan terhadap asam.

Komponen kedua dari magnetic flow sensor adalah liner, bahan material liner bisa berupa rubber, teflon, PTFE, polyurethan dan juga ada yang menggunakan cramic. Pemilihan jenis material liner ini didasarkan pada temperature cairan, maksimal pressure dan tingkat keabrasivean cairan serta untuk jenis cairan yang pada proses makanan, minuman dan obat obatan hendaknya di pilih jenis linet yang punya kelas food grade. Dan untuk material yang perlu tahan panas hingga temperature 160 derajat selsius sebaiknya mengunakan material teflon atau lainya dan begitu seterusnya. Kunci utama dari pemilihan material adalah karakteristik serta spesi

Komponen flow sensor magnetic selanjutanya adalah electrode yang berfungsi sebagai sensor guna menciptakan induksi electric sesuai dengan hukum farady. Electroda magnetic sesnor ini bisa menggunakan bahan yang paling standart yaitu SUS316L.

Flow Converter magnetic / Transmitter magnetic flow meter

Bagian utama kedua dari komponen flow meter magnetic adalah flow transmitter atau flow magnetic converter yang mempunya fungsi menerjemahkan signal dari elctrode kedalam hitungan kecepatan dan lainya. Dari conerter terrsebut  bisa ditampilkan berupa angka ke display serta memberikan ouput lainya. Magnetic flow converter ini biasanya hanya terbagi dalam bentuk menyatu dengan magnetic flow sensor atau terpisah, yang istilah dilapangan adalah compact/integral atau remote/split.

Dari flow transmitter ini flow meter mampu membaca dan mendeteksi kecepatan aliran atau velocity, dengan satuan unit jarak per waktu, debit aiar atau kapasitas yang sering disebut dengan flow rate dengan satuan unit volume perwaktu serta bisa membaca volume cairan yang melewati cairan pada waktu tertentu dengan satuan unit volumetric. Dan untuk kasus tertentu magnetic flow meter mampu membaca mass dari fluida yang mengalir dalam flow meter dengan satuan unit mass seperti gram, kg, ton, punds dan lainya dengan memasukan berat jenis dari cairan.

Bahkan jika flow meter magnetic model tertentu dikombinasi dengan temperature maka flow trnsmitter bisa menyajikan energy yang dihasilkan fluida yang bisa menyajikan suatu heat energy dengan satuan energy joule. Hal ini bisanya diaplikasikan untuk steam, air panas pada HVAC atau pada sitem pendinginan seperti chiller atau AC.

Namun jangan lupa untuk jenis pembacaan gauge atau display yang menggunakan sistem mecahnical register biasanya hanya mampu menampilkan flow rate dan volumetrik dan tidak bisa memberikan analog output kecuali ditambah dengan sensor putaran yang menerjemahkan putaran sistem mechanical ke dalam satuan angka volume seperti red ssensor atau lainya.

Flow meter air jenis magnetic ini biasanya dioperasikan dengan power AC dari 90 VAc hingga 240 VAc, power DC dari 12 VDc hingga 36 VDc atau tersedia juga dengan penggunaan Battery yang mampu bertahan hinggga 2 tahun – 5 tahun. Begitu juga output bukan saja pembacaan di display tapi juga bisa memberikan analog output 4 – 20 mA, Pulse, alarem dan comunication RS485. Jadi cukup lengkap bagi kita yang menginginkan hasil pengukuran flow sensor jika di hubungkan ke control, komunikasi ke komputer atau remote sitem seperti keGPRS atau sistem internet.

Similar Posts

Skip to content