Flowmasonic

Diesel flow meter
Diesel flow meter

Diesel flow meter

2 minutes, 28 seconds Read
Genset Fuel Flow Meter
Engine flow Meter
Diesel flow meter

Generator Set atau yang sering disebut dengan Genset merupakan mesin yang menghasilkan energi listrik. Bahan bakar utama genset yang mesin utamanya menggunakan diesel adalah solar. Semakin tingginya harga solar mungkin perlu di analisa kosumsi bahan bakar yang digunakan agar bisa tercapai kwalitas genset yang diharapkan. Untuk menganalisa kebutuhan solar pada genset sebaiknya di gunakan fuel flow meter atau solar flow meter atau solar meter. Flow meter solar untuk genset sebaiknya mampu memberikan data berupa flow rate dan totalizer.
Pembacaan Flow rate pada genset fuel meter dari pemakaian solar untuk genset berguna untuk melihat performa dari mesin dieselnya dan juga bisa digunakan untuk acuan setting pompa injection dan damper / katup udara sehingga asap buangan hasil pembakaran dari ruang bakar mesin diesel bisa bagus sesuai dengan standart pencemaran lingkungan.

Sementara pembacaan totalizer pada diesel flow meter  juga perlu bisa ditampilkan oleh fuel flow meter genset untk bisa menghitung dengan akrat berapa jumlah atau volume solar yang dibutuhkan untuk oprasional perjam dari genset tersebut.

Flow meter solar untuk genset atau mungkin bisa disebut dengan genset fuel meter dapat dipasang setelah filter solar atau fuel filter sebelum pompa injector dan untuk indicator dari flow meter bisa dipilih yang integral atau mungkin flow meter dengan sistem remote dimana indicator bisa dipasang di panel atau tempat lainnya.
Jadi penggunaan flow meter solar atau atau deisel fuel meter  mempunyai multifungsi,  yang memonitor flow bahan bakar dan konsumsi bahan bakar saat operasi mesin, menganalisa performa mesin diesel serta untk genset yang tidak ada pengawasan langsung sperti di tower telekomunikasi atau pemancar lainnya dapat dijadikan alternatif mencegah pemborosan konsumsi bahan bakar karena kebocoran tanki penimbun atau karena pencurian bahan bakar solar
Ada beberapa jenis Flow Meter solar untuk genset atau Genset fuel flow meter, untuk aliran bahan bakar dari 5l/jam hingga  1 dan 500 liter per jam, dengan sitem integral ataupun sistem transmitter sehingga bisa dipantau dari jarak jauh lewat satelite atau internet atau hand phone.

Seri genset fuel flow meter yang beroperasi pada prinsip putaran piston, yang dipasang di ruang, dan kecepatan berputar diukur oleh sensor elektronik yang merekam pulsa magnetik, jumlah pulsa yang sebanding dengan laju aliran yang sebenarnya. Desain khusus ini  memungkinkan aliran utama fuel oil dapat terbaca, bahkan jika ruang pengukur menjadi tersumbat, meskipun filter tidak melindungi ruang dari kontaminasi dan dapat dihapus dan dibersihkan tanpa membongkar fuel flow meter sendiri.

Secara konstruksi Fuel flow meter ini didisain dengan konstruksi yang khusus dan kuat menggunakan matrial Alumunium alloy, dengan proteksi  IP54 , Engine Flow meter dapat dipasang dalam posisi apapun dan tahan terhadap getaran dan shock hidrolik.
Ada banyak model fuel flow meter dengan output kabel, jenis indicator, atau remote, untuk berbagai laju aliran dan output daya mesin. :
  • Model terkecil, DFM-50, memiliki rating arus nominal 25 liter per jam, dengan minimal 1 l / jam dan maksimum 50 l / jam, untuk mesin diesel hingga 80kW (108 hp).
  • Model rating tertinggi, DFM-400, memiliki laju aliran nominal 200 l / jam (30 menit / max 400 l / jam), untuk mesin lebih dari 300 kW (400 hp).

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content