Jenis flow meter magnetic

Flowmeter magnetic diproduksi dan digunakan hanya untuk mendeteksi aliran yang mempunyai dasar ciran yang mempunyai koduktivitas minimal 20 micro siemens. Sensua dengan aplikasinya jenis flowmeter magnetic dapat di golongkan berdasarkan cara installasinya yaitu

  • In Line flow meter magnetic
  • Insertion magnetic flow meter

In Line flow meter magnetic

In Line magnetic flow meter merupakan jenis flow meter magnetic yang cara instalasinya sejalur dengan pipa yaitu dengan cara memotong pipa kemudian flow meter magnetic di pasang dengan koneksi tergantung sesuai desain engineering.

Untuk jenis iflow meter magnetic inline ini mempunyai koneksi yang bisa disesuaiakan dengan permintaan dan umumnya koneksi ada 3 jenis yaitu koneksi flange, ulir dan wafer. Untuk koneksi flange bisa dipilih JIS, PN dan ANSI, sedangkan clas pressure juga bisa di pilih kelas 5 bar, clas 10 bar, clas 20 bars dan seterusna disesuaikan dengan maksimal pressure cairan dalam pipa.

Sedangkan untuk material koneksi jenis flow meter magnetic disesuaiakan dengan karateristik cairan ada yang menggunakan carbon steel, stainless steel, PVC atau lainya.

Sedangkan koneski jenis flowmeter magnetic dengan model ulir biasanya digunakan untuk flow meter dengan size kecil dan biasanya berada pada maksimal size 2″ dan ini pun agak jarang manufacture yang memproduksinya.

Untuk Koneksi wafer jenis flowmeter magnetic biasanya mempunyai harga yang agak ekonomis dan tidak terkait dengan jenis flange karena sifat dari koneksi wafer ini tergantung pada baut yang menjadi penjepit wafer sehingga flow meter bisa diinstal dengan baik. Jenis koneksi wafer ini mempunyai kelemahan pada tingkat instalasi dalam mencari titk center dimana diharap[kan posisi electrode harus benar tegak lurus.

Insertion flow meter magnetic

Insertion flow meter magnetic merupakan jenis flow meter magnetic yang cara instalasinya dilakukan dengan cara melubangi pipa kemudian di pasang fitting dan dilanjutkan dengan memasukan sensor magnetic kedalam pipa.

Jenis flow meter magnetic type insertion ini merupakan jawaban bagi siapapun yang merasa flow meter magnetic sangat khususnya untuk size besar.

Written by Rudy Wiratama

rudywinoto.com/wmablog.com/flowmasonic.com