Fungsi flow meter

Flow meter  adalah alat instrumentasi yang di gunakan untuk mengukur kecepatan aliran dan volume total dari fluid yang melewatinya. Flow meter selain mengukur kecepatan aliran pada pipa juga bisa digunakan untuk mengukur aliran pada tempat yang tebuka seperti kanal, parit atau sungai.

Flowmeter ini mempunya jenis, model ataupun type yang beragam, dari model yang ditentukan pada cara kerja flow meter yang disesuaikan dengan teori, sensor, dan aplikasi. Begitu juga dari cari installasinya flowmeter juga terbagi pada jenis full fill pipe maupun untuk yang open channel dan partial fill pipe.

Sedangkan dari bahan material sensor juga ada yg bisa digunakan material dari PVC, carbon steel, Casting iron, stainless steel maupun alumunium. Dimana jenis matrial dari bahan flow meter ini pada kegunaanya harus di sesuaikan dengan aplikasi di lapangan.

Fungsi utama dari flow meter adalah untuk mengukur kecepatan dari aliran suatu cairan, besaran debit atau flow rate dari suatu cairan serta total volume atau mass dari suatu cairan setelah waktu tertentu.

Kalo dilihat keseharian baik itu di pabrik maupun di tempat tinggal serta di tempat usaha flow meter yang sering kita temui adalah seperti meteran air di rumah, apartemen dan di pom bensin. Flow meter atau yang sering disebut denagn meteran air atau meteran solar biasanya hanya digunakan untuk mengukur serta melihat berapa total volume yang di ukur guna transaksi pembelian air maupun BBM yang biasanya menggunakan sistem kontrol berupa batching control.

Namun demikian flow meter mempunyai banyak fungsi di dunia industri seperti pabrik kimia, pabrik minuman dan makanan, pabrik automotive, industri oil and gas, Rumah sakit, konstruksi dan lainnya, flow meter digunakan untuk melihat performa dari mesin, pompa, proses dan kwalitas produk, maintenance dan filling.

Untuk maintenance flow meter banyak digunakan untuk melakukan pengecekan performa mesin baik itu pompa, cooling system, compressor dan lainya. Sedangkan di pabrik kimia flow meter banyak digunakan untuk menjaga kwalitas produk dan total hasil produk sehingga produk kimia yang dihasilkan memenuhi standart kwalitas yang di syaratkan. Di pabrik makanan flow meter banyak di gunakan untuk menjaga kwalitas produk dengan menjaga konsistensi besaran cairan yg mengalir ataupun dalam pencampuran berbagai jenis cairan. Di dunia farmasi flow meter banyak di gunakan untuk system HVAC untuk menjaga temperatur dan kelembaban ruangan produksi dengan tujuan menjaga kwalitas dari produk/obat yang dihasilkan.

Di peroses packaging atau pun filling flow meter mempunyai fungsi menjaga konsistensi jumlah produk yang dimasukan dalam botol, drum atau sistem pengepakan lainya serta untuk melihat kebutuhan bahan dasar, stock serta hasil total produksi. Di industri oil adn gas flow meters elain digunakan untuk mengetahui total kuantitas produksi juga bisa di aplikasikan untuk sistem blending yaitu sistem pencapuran 2 produk atau lebih sehingga mehasilkan kwalitas yang di standartkan tanpa harus mengukur volume secara manual dengan pencampuran dinamis.