Flowmasonic

Flow Meter Air Limbah 3 inch Flowma WMAG 21
Flow Meter Air Limbah 3 inch Flowma WMAG 21

Flow Meter Air Limbah 3 inch Flowma WMAG 21

3 minutes, 58 seconds Read

Flow Meter Air Limbah 3 inch Flowma WMAG 21 merupakan produk dari jenis electromagnetic flow meter dan dapat diandalkan, Flowma WMAG 21 ini dapat mengukur cairan konduktivitas yang mengalir dalam pipa, seperti air sumur, air laut, air limbah, air lumpur, air minum, cairam asam, bubur makanan, syrup, air gula dan lainnya.

Apa itu Electromagnetic Flow Meter?

Electromagnetic flow meter atau Magnetic Flow Meter serta sering disebut magmeter merupakan jenis flow meter yang tidak mempunyai bagian yang bergerak (moving part). Magnetic flow meter ini sangat ideal jika digunakan untuk pengukuran aliran fluida yang tidak homogen, cairan yang kotor, cairan yang mengandung lumpur atau untuk cairan limbah ataupun air intake, air bahan baku, air dari waduk atau sungai yang banyak mengandung kotoran atau sampah ( plastik, rumput atayupun lainnya), sehinga cukup cocok digunakan untuk flow meter limbah.

flowma magnetic flow meter
flowma wmag21

Magmeter atau electromagnetic flow meter ini hanya bisa digunakan pada aplikasi air (water) yang mempunyai konduktifitas tertentu, sesuai dengan aturan yang disyaratkan masing manufacture flowmeter electromagnetic.

Secara umum magnetic flowmeter tidak berfungsi pada fluida hidrokarbon dan air suling (distilled water / demin water). Namun, ideal untuk mengukur aliran cairan seperti slurry dan material korosif.seperti pada proses chemical ataupun minuman maupun cairan air yang kental seperti kecap, sauce, syrup dan lainnya.

Baca Selengkapnya : Electromagnetic Flow Meter : Pengertian, Jenis, dan Komponen

Flowmeter electromagnetic ini sangat cocok digunakan pada sistem aliran yang menyaratkan pressure drop yang sangat rendah. Prinsip kerja Electromagnetic flow meter jenis ini didasarkan pada hukum induksi elektromagnetik (Faraday’s Law), yaitu bila suatu fluida konduktif elektrik melewati pipa sensor elecromagnetic, maka fluida akan bekerja sebagai  konduktor yang bergerak memotong  medan magnet yang dibangkitkan oleh kumparan magnetic dari sensor / transducer, sehingga timbul tegangan listrik induksi.

Flow Meter Air Limbah 3 inch Flowma WMAG 21

Flowma WMAG21 Electromagnetic series intelligent electromagnetic flowmeter dibuat sesuai dengan hukum induksi electromagnetic untuk mengukur cairan ber konduktivitas yang mengalir dalam pipa seperti air sumur, air laut, air limbah, air lumpur, air minum, cairam asam, bubur makanan, syrup, air gula dan lainnya.

Jenis Flow Meter dan Prinsip Kerja Flow Sensor
Flow Meter Air Limbah 3 inch Flowma WMAG 21

Cairan ini banyak digunakan di industri makanan dan minuman, pengolahan limbah, saluran air sungai atau air hujan, pengolahan air,  petrokimia, power plant, Pertambangan, pertanian, Industri automotive, sistem pendingin dan industri lainya.

Flowma wmag21 electromagnetic flow meter mempunyai 2 bagian utama yaitu electromagnetic flow sensor dan electromagnetic flow transmitter atau disebut dengan Converter. MAsing masing bagian mempunyai caractristik dan fungsi tersendiri .

Electromagnetic Flow Sensor

Flow sensor electromagnetic mempunyai fungsi untuk menangkap aliran yang mempunyai conduktivity dengan menggunakan sepasang electroda dan mengirimkan sinyal ke converter yang akan di olah sesuai dengan hukum faraday.

Flowma Wmag21 electromagnetic flow sensor mempunyai 2 jenis instalasi yaitu

  1. Inline Electromagnetic flow sensor
    • Sistem instalasinya dilakukan dengan memotong pipa sedangkan connection ada beberapa jenis yaitu dengan flange, ulir, wafer dan sanitary tri clamp
  2. Insertion Electromagnetic flow sensor
    • Sistem instalasinya dilakukan dengan melubangi pipa. sedangkan connection dengan cara memasang fitting baik dengan fitting saddle maupun welding dan sensor dimasukan kedalam pipa melewati fitting tersebut.Jenis instalasi ini cocok digunakan untuk pipa dengan ukuran diameter besar.

Electromagnetic Flow Transmitter atau Converter

Ada 2 jenis flow converter untuk electromagnetic water meter yaitu jenis compact atau integral. dimana cara insatlasinya converter menyatu dengan sensor. Untuk jenis ke 2 yaitu jenis split atau remote dimana cara instalasinya terpisah dengan electromagnetic sensor. Untuk menghubungkan converter dengan magnetic sensor di butuhkan cable yang panjangnya disesuaikan kebutuhan.

Flowma WMAG21 Electromagnetic Keunggualan

Karakter Flowma WMAG21

  • Pengukuran alat ini tidak tergantung pada pressure,  temperature, density, berat jenis, viskcosity
  • Aliran dalam pipa tidaak terganggu karena tidak ada komponen yang berputar dalam flow tube sensornya
  • Pressure loss bisa diabaikan karena tidak ada komponen yang menghalangi aliran air dalam tabung sensor sehingga adanya partikel solid dalam cairan tidak mengrangi performa flow meternya
  • Mempunyai akurasi standart 0,5% dan bisa lebih baik dengan pesanan kusus hingga 0,2%.
  • Mampu nengukur pada aliran yang pelan denganvelocity 0,1 m/s
  • Pemilihan jenis material untuk linning dan electrodedapat memberikan penggunaan jenis cairan yang sangat luas dan cocok digunakan untul karakter cairan yg korosif hingga abrasiv.
  • Bisa digunakan untuk cairan dengan temperature rendah hingga 180 derajad celcius tergantung jenis dan modelnya
  • Memberikan output control berupa pulse, analog 4-20mA, RS45 hingga hart communication

Flow Meter Air Limbah 3 inch Flowma WMAG 21 Spesifikasi :

  • Material: carbon steel /cast steel
  • DN range (mm): DN15-DN200
  • Output: pulse /current4-20Am /RS-485 /Hart
  • Accuracy: 0.5% / 1%
  • Medium: water / liquid
  • Flow range (mm): 10-2200
  • Power supply: 220VAC / 24VDC
  • Medium temperature (centigrade): 0-150
  • Ambient temperature (centigrade): -20-50
  • Humidity: <= 85%
  • Atmospheric pressure: 86-106KPa
  • Nominal Pressure: 1.6, 2.5, 4.0, 6.4MPa
  • Anti-Explosion Grade: IaIICT4, dIIBT4
  • Connection Flange: GB9115.0719-2000 JB/TB2-94 or other customer named Standar

Baca Juga : Kalibrasi Flow Meter

Dengan dukungan dari Flowma WMAG 21 ini dapat membantu dan mengefisiensikan tenaga anda, untuk informasi lebih lanjut, klik disini. atau ingin mengunjungi marketplace, klik disni.

Similar Posts

Skip to content